Banyak konsumen yang sudah menanyakan suatu produk secara online, kemudian menghilang begitu saja tanpa ada kabar dan tak melanjutkan transaksi. Pernah mengalami hal serupa? Jangan khawatir, Anda hanya perlu beberapa trik berikut biar konsumen semakin yakin akan produk Anda dan langsung membelinya saat itu juga.
1. Bersikap ramah
Karena semua hal yang ditanyakan akan melalui chat, pastikan agar chat tersebut terlihat ramah. Misalnya, dengan menambahkan emoticon senyum di akhir kalimat.
Bila pelit memberikan emoticon, calon pembeli akan merasa kalau penjual jutek dan pelit informasi. Sebaliknya, bila dari awal mengimbuhkan emoticon, calon pembeli merasa penjual adalah orang yang ramah dan enak untuk ditanyai produk yang akan mereka beli.
2. Jangan terlalu lama merespon chat
Jangan pernah membalas chat konsumen terlalu lama, karena hal ini bisa menyebabkan mereka pindah ke online shop lainnya. Percuma produk Anda lebih unggul dari online shop lain kalau respon chat terlalu lama, karena bila ada masalah nantinya setelah pembelian, konsumen akan merasa Anda juga akan lama dalam menanganinya.
Tentu saja Anda tak harus selalu merespon chat sepanjang hari. Tetapkan jam kerja untuk melayani konsumen dan pasang informasi tersebut, misalnya pada status atau notes di online shop. Selama jam kerja tersebut, Anda harus fokus melayani konsumen dengan cepat.
3. Imbuhkan pertanyaan
Setelah pembeli selesai menanyakan suatu produk, jangan hanya menjawab pertanyaan tersebut. Tanyakan kembali, apakah sang pembeli tertarik untuk membelinya. Seandainya pembeli masih belum yakin atau masih ragu, jelaskan manfaat atau kelebihan produk tersebut, atau bisa juga beri perbandingan dengan produk serupa yang juga Anda jual. Anda juga bisa menanyakan kebutuhan konsumen seperti apa, sehingga Anda dapat merekomendasikan produk yang sesuai.
4. Gunakan trik barang terbatas
Trik ini cukup ampuh untuk menghadapi konsumen yang tak kunjung order atau transfer. Anda bisa menyebutkan kalau barang tinggal sekian item dan bila pembeli tak segera transfer, bisa saja kehabisan. Atau Anda bisa mengingatkan pembeli kalau barangnya dijual secara terbatas, dan bila habis, Anda tak akan melakukan re-stock.
5. Beri diskon bila langsung transfer
Trik ini bisa Anda lakukan untuk memastikan konsumen membeli barang saat itu juga, tanpa menundanya hingga keesokan hari. Tak perlu selalu diskon, bonusnya bisa berupa barang kecil. Misalnya bila menjual gaun, Anda bisa memberikan bonus berupa masker dengan warna senada bila transfer di hari itu juga. Dengan demikian, konsumen akan berpikir kalau tak perlu lagi ribet mencari masker di tempat lain, karena dengan membeli gaun tersebut sudah mendapatkan bonus masker.