Tips Bisnis

Tips Membalas Chat Biar Tak Kena Ghosting Customer

Biar tak kena ghosting customer, coba lakukan beberapa cara berikut ini yuk!

Tips Membalas Chat Biar Tak Kena Ghosting Customer Tips Membalas Chat Biar Tak Kena Ghosting Customer

Buat Anda yang sedang berjualan online, tentu senang bila ada calon customer yang meluangkan waktunya untuk menanyakan produk yang Anda jual, entah berupa detail produk, cara pembayaran, dan sebagainya.

 

Pasalnya, ini berarti calon customer sudah tinggal selangkah lagi untuk memesan dan membeli barang jualan Anda.

 

Tergantung trik yang Anda lakukan, calon customer tersebut bisa saja langsung membayar pesanannya, atau malah hilang sama sekali dan tak pernah membalas kembali chat Anda.

 

Nah, biar tak kena ghosting customer, coba lakukan beberapa cara berikut ini yuk!

 

1. Gunakan bahasa yang sopan

Walau Anda tak bertatap muka dengan calon customer, sebisa mungkin pastikan agar bahasa chat terlihat sopan dan ramah. Anda bisa menggunakan kata-kata sapaan, seperti “Pagi, Kak, ada yang bisa dibantu?”

 

Jangan lupa selipkan emoticon senyum di akhir kalimat agar calon customer merasa penjual adalah orang yang ramah dan enak ditanyai produk yang akan mereka beli. Namun ingat, penggunaan emoticon tersebut tak perlu berlebihan, secukupnya saja di kalimat tertentu, misalnya saat pertama kali membalas chat, atau ketika mengucapkan terima kasih karena customer sudah memesan produk.

seorang wanita menggunakan smartphone di dalam ruangan

seorang wanita menggunakan smartphone di dalam ruangan

2. Segera merespon chat

Jangan pernah memberikan respon yang terlalu lama untuk chat customer. Dalam waktu singkat, mereka bisa saja berpindah ke penjual lainnya.

 

Hal ini terutama terjadi untuk pembeli yang tak sabaran dan membutuhkan produk tersebut secepat mungkin. Bila ada masalah nantinya setelah pembelian, customer akan merasa Anda juga akan lama dalam menanganinya.


3. Siapkan template

Agar tak perlu mengetik panjang, Anda bisa menyiapkan beberapa template pesan, seperti saat mengucapkan sambutan di awal obrolan, memberikan detail produk, maupun mengakhiri obrolan.

 

Dengan cara ini, Anda tak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk membalas chat calon customer, selain bisa segera membalas chat-chat lainnya dengan cepat.

 

4. Selalu bertanya kembali

Jangan pernah sekadar memberikan jawaban kepada customer. Usahakan selalu mengakhiri chat dengan pertanyaan. Misalnya, bila calon customer bertanya, “Kak, barang ini ada?”, jangan hanya dijawab “Ya, ada.” Selain singkat, chat tersebut terkesan jutek dan bisa saja membuat pembeli merasa tak nyaman.

seorang pria tersenyum menggunakan smartphone

seorang pria tersenyum menggunakan smartphone

Cobalah berikan respon seperti ini, “Saat ini masih ada semua kak barangnya, mau pesan yang warna apa nih kak?” Respon ini tak hanya membuka kemungkinan pembeli untuk membalas chat Anda, namun juga memberikan kesan seolah-olah barang yang Anda jual tersedia terbatas dan membuat mereka harus memesan secepat mungkin.

 

5. Berikan saran

Ada kalanya calon customer masih sebatas menanyakan produk dan belum tahu benar produk yang ingin mereka beli. Nah, di sinilah peran Anda sebagai penjual untuk meyakinkan mereka dengan memberikan saran, atau menjelaskan kelebihan produk yang Anda jual.

 

Pintar-pintarlah juga membaca situasi. Misalnya, bila pembeli merasa harga yang Anda berikan relatif mahal, Anda bisa memberikan perbandingan dengan produk serupa yang juga Anda jual. Tanyakan pula kebutuhannya seperti apa, sehingga Anda bisa merekomendasikan produk yang sesuai.

 

6. Selalu menjadi yang terakhir membalas chat

Pastikan untuk selalu membalas setiap chat customer, terlepas apakah mereka jadi membeli produk Anda atau tidak. Ungkapkan juga kesediaan Anda untuk menjelaskan produk tersebut bila pembeli masih belum jelas atau masih ragu. 

Share this article