Pentingnya Influencer untuk Membangun Bisnis dan Memasarkan Produk

Peran influencer kini semakin penting, terutama dalam hal membangun bisnis dan memasarkan produk di media sosial.

Pentingnya Influencer untuk Membangun Bisnis dan Memasarkan Produk Pentingnya Influencer untuk Membangun Bisnis dan Memasarkan Produk

Seiring berkembangnya teknologi, segala sesuatu saat ini bisa dilakukan secara daring, termasuk memasarkan produk yang Anda jual agar bisa terjangkau ke khalayak luas. Salah satu cara pemasarannya adalah dengan memanfaatkan influencer, atau yang biasa dikenal sebagai influencer marketing.

 

Influencer adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk memberi pengaruh kepada orang lain. Di media sosial, opini mereka tak hanya didengar oleh pengikutnya, namun juga diikuti dan diterapkan. Hal ini karena influencer tersebut dianggap ahli dalam bidang tertentu.

 

Istilah influencer ini sendiri luas dan tak terbatas pada selebriti saja. Mereka bisa siapa pun yang punya banyak pengikut di media sosial.

 

Influencer marketing sendiri biasanya bekerja karena tingginya tingkat kepercayaan yang telah dibangun oleh para influencer dengan pengikut mereka. Apa pun yang direkomendasikan oleh sang influencer umumnya akan diikuti pula oleh followers-nya.

wanita memotret produk kecantikan

wanita memotret produk kecantikan

Karena itu, peran influencer pun semakin dianggap penting karena dapat berperan aktif untuk meningkatkan awareness dan promosi sebuah brand. Hal ini terutama penting bila bisnis yang Anda miliki terbilang baru.

 

Dengan memanfaatkan influencer, kredibilitas untuk merek yang Anda miliki bisa meningkat. Tak hanya itu, semakin banyak orang pula yang akan semakin mengenal produk Anda.

 

Nantinya, hal tersebut akan secara tidak langsung meningkatkan penjualan produk karena apa pun yang direkomendasikan oleh influencer, biasanya akan dicari oleh pengikutnya.

 

Agar pemasaran dengan influencer bisa semakin efektif, pastikan Anda memilih influencer yang tepat dan relevan dengan produk. Misalnya, bila ingin memasarkan makanan, carilah influencer yang memang sering membuat konten dan mengulas makanan.

pria unboxing produk elektronik, mengulas produk di depan kamera

pria unboxing produk elektronik, mengulas produk di depan kamera

Tetapkan pula bujet kampanyenya. Biasanya, tarif yang ditetapkan influencer tergantung pada jumlah pengikutnya. Semakin banyak follower, semakin besar pula biaya yang harus kamu bayarkan. Kalau bujetnya terbatas, kamu bisa memilih nano atau micro influencer yang pengikutnya mulai 1.000 sampai 100.000.

 

Pilih pula influencer yang memiliki citra positif, rajin membuat konten, dan engagement-nya baik. Yang disebut terakhir ini bisa dilihat dari like dan komentarnya.

 

Setelah itu, Anda bisa menjalankan kampanye sesuai target yang ingin dicapai, entah untuk meningkatkan brand awareness, engagement, followers, penjualan, dan masih banyak lagi. Jangan lupa evaluasi pemasaran tersebut usai kampanye berjalan, apakah target sudah tercapai atau belum. 

Share this article