Tips Bisnis

E-commerce yang Paling Banyak Digunakan untuk Belanja Online

Sebelum membuka bisnis online, kita tentu perlu tahu e-commerce mana saja yang tengah populer digunakan.

E-commerce yang Paling Banyak Digunakan untuk Belanja Online E-commerce yang Paling Banyak Digunakan untuk Belanja Online

Sebelum membuka bisnis online, kita tentu perlu tahu e-commerce mana saja yang tengah populer digunakan. Hal ini penting agar kita dapat mengikuti tren terkini, selain memastikan barang yang kita jual dapat diakses oleh lebih banyak orang.

 

Nah, untuk mencari tahu e-commerce mana yang paling banyak digunakan saat ini di Indonesia, kita bisa mencari tahu dari sejumlah hasil survei. Sebut saja survei terbaru yang dilakukan Snapcart sejak September 2021 dan diikuti oleh 1.000 responden dari berbagai jenis kelamin, golongan usia, pendapatan, dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

 

Snapcart sendiri merupakan aplikasi yang menawarkan cashback bagi pengguna dengan cara mengunggah struk belanja. Namun, selain memberikan cashback bagi konsumen, Snapcart juga memantau real time analytics mengenai perilaku belanja konsumen.

menggunakan aplikasi shopee di smartphone

menggunakan aplikasi shopee di smartphone

Menurut hasil survei tersebut, saat ini Shopee menjadi e-commerce yang paling banyak diingat dan digunakan di Indonesia. Sebanyak 75 persen responden menyebutkan kalau Shopee adalah situs belanja online yang biasa dipakai saat berbelanja, diikuti oleh Tokopedia (18 persen) dan Lazada (5 persen).

 

Kemudian, sebanyak 87 persen menjawab bahwa Shopee adalah e-commerce yang mereka gunakan dalam tiga bulan terakhir, menjadikan Shopee sebagai e-commerce dengan jumlah pengguna terbanyak dalam periode waktu tersebut.

 

Sementara itu, 46 persen responden menggunakan Tokopedia dan 20 persen responden lainnya menggunakan Lazada.

 

Dengan kata lain, bila dinyatakan secara share of users, maka Shopee memiliki pangsa user sebesar 51 persen. Barulah di urutan selanjutnya ada Tokopedia yang memiliki pangsa user sebesar 27 persen dan Lazada sebesar 11 persen.

 

Hasil temuan Snapcart ini rupanya sejalan dengan laporan iPrice yang diterbitkan kuartal kedua 2021 dengan judul ‘The Map of E-commerce in Indonesia’. Menurut laporan tersebut, peringkat aplikasi Shopee di Apple App Store maupun Google Play Store menempati urutan pertama.

kumpulan brand e-commerce di sebuah smartphone

kumpulan brand e-commerce di sebuah smartphone

Di App Store, Shopee menempati peringkat pertama, disusul Tokopedia di peringkat kedua. Sementara di Play Store, Shopee masih berada di urutan pertama, sementara Tokopedia di urutan keempat.

 

Menariknya, laporan tersebut tak berubah pada kuartal ketiga, dengan Shopee masih menempati urutan pertama di App Store dan Play Store. Sementara itu, Tokopedia menempati urutan kedua di App Store dan urutan ketiga di Play Store.

 

E-commerce lainnya yang masuk dalam lima besar antara lain Lazada, Sociolla, Bukalapak, dan Zalora. Sementara itu, di urutan selanjutnya ada JD ID, Bibli, Matahari, Sephora, Zalora, dan My Hartono.

 

Dari data-data di atas, tentu Anda sebagai penjual bisa menentukan sendiri bukan, kira-kira e-commerce mana yang bisa Anda gunakan sebagai lapak untuk berjualan? Selain Shopee dan Tokopedia, e-commerce lain pun bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menjangkau pasar yang berbeda. 

Share this article