Tips Bisnis

Deretan Media Sosial Populer untuk Promosi Produk, Simak Ulasannya Yuk!

Media sosial mana saja yang populer untuk mempromosikan produk? Berikut ulasannya.

Deretan Media Sosial Populer untuk Promosi Produk, Simak Ulasannya Yuk! Deretan Media Sosial Populer untuk Promosi Produk, Simak Ulasannya Yuk!

Mempromosikan produk lewat media sosial kini dianggap sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk menarik perhatian konsumen dan membuatnya tergerak untuk setidaknya mengunjungi akun media sosial sang penjual dan kemudian membeli produknya.

 

Terlebih bila iklan promosi tersebut dikemas dengan visual yang cantik dan video menarik. Besar kemungkinan postingan tersebut akan dilihat oleh lebih banyak konsumen.  

 

Lantas, media sosial mana saja sih yang populer untuk mempromosikan produk? Berikut ulasannya.

 

1. YouTube

YouTube merupakan media sosial paling penting dan populer di dunia. Bahkan 93,8 persen orang Indonesia menggunakan media satu ini untuk memutar video, mulai dari musik hingga mini web series.

 

Banyaknya pengguna YouTube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis yang ingin mempromosikan produk dan jasa mereka.

 

Mereka dapat membuat akun resmi di YouTube untuk mendemostrasikan produk dan meningkatkan brand awareness. Lewat komentar yang tersedia pada masing-masing video, para pelaku bisnis juga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen.

 

2. Facebook

Media sosial satu ini masih diminati di Indonesia hingga sekarang. Karena itu, masih banyak pelaku bisnis yang menggunakannya untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads.

 

Konten-konten yang ada di laman Facebook pun tak harus melalui tentang produk yang ditawarkan, namun bisa berupa tutorial singkat penggunaan produk, testimoni dari pelanggan, atau bahkan konten-konten ringan dan kuis menarik untuk konsumen.

 

Para pelaku bisnis juga dapat menggunakan fitur Facebook Ads untuk mempromosikan halaman bisnis atau iklan produk agar dapat dijangkau banyak orangnya. Menariknya, Anda bisa menentukan sendiri target pasar yang diinginkan.

menggunakan laptop dan menulis bersamaan di atas lantai bersebelahan dengan kotak-kotak

menggunakan laptop dan menulis bersamaan di atas lantai bersebelahan dengan kotak-kotak

3. Instagram

Terkenal dengan konten-kontennya yang memanjakan visual sehingga kemudian muncul istilah Instagrammable, media sosial ini menawarkan berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, dari feed, story, reels, hingga IGTV.

 

Lewat layanan tersebut, para pelaku bisnis dapat membuat konten untuk mempromosikan produk terbaru lewat feed, menampilkan video tutorial di reels atau IGTV, hingga membuat sesi live di Instagram Live.

 

Sama halnya dengan Facebook, Anda bisa memanfaatkan Instagram Ads untuk menjangkau lebih banyak audiens. Cukup tetapkan target pasar yang diinginkan untuk digiring ke laman akun media sosial ataupun situs toko online Anda.

 

4. TikTok

Media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Salah satu caranya adalah dengan membuat konten kreatif yang dapat menarik perhatian audiens.

 

Para pelaku bisnis juga dapat memanfaatkan fitur tagar challenge, yakni menantang penonton untuk melakukan sesuatu dan mengajak orang lain untuk melakukannya. Manfaatkan pula fitur promosi berbayar atau mengajak kolaborasi influencer agar tantangan tersebut dapat dijangkau lebih banyak pengguna.

 

Share this article