Tips Bisnis

Cara Ampuh Biar Produk Dilirik di E-commerce

Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan saat berjualan di e-commerce biar produk laris manis.

Cara Ampuh Biar Produk Dilirik di E-commerce Cara Ampuh Biar Produk Dilirik di E-commerce

E-commerce merupakan salah satu ruang bagi para pelaku usaha untuk memasarkan produk dan meningkatkan penjualan. Terlebih, kini semakin banyak saja konsumen yang lebih senang berbelanja secara daring, sehingga menjual barang di e-commerce seakan sudah menjadi wajib hukumnya agar bisnis laris manis.

 

Namun, dengan banyaknya pelaku usaha yang menjual produknya di e-commerce, persaingan kini semakin tinggi agar produk dilirik calon pembeli. Nah, biar jualan kamu laris manis, berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa kamu lakukan saat berjualan di e-commerce.  

 

1. Berikan nama produk yang sesuai

Saat mencari produk di e-commerce, pembeli akan memasukkan kata kunci yang sesuai, entah berupa nama produk, merek, model, tipe, dan sebagainya. Karena itu, sebaiknya beri nama produk yang memudahkan dicari pembeli.

 

Misalnya, sebutkan nama produk, lalu diikuti merek dan tipenya. Tak perlu pakai kata berlebihan, seperti ‘paling laris’, ‘terbaik’, dan sebagainya. Apalagi, nama produk biasanya dibatasi hanya beberapa kata saja.

 

2. Sertakan foto dan video yang menarik

Saat berbelanja secara daring, hal utama yang diperhatikan pembeli adalah fotonya. Karena itu, usahakan fotonya jelas dan terlihat menarik. Kalau perlu, sertakan juga video yang menampilkan produk tersebut, sehingga calon pembeli bisa membayangkan produknya seperti apa.

3. Berikan deskripsi yang jelas

Ada kalanya penjual malas menyertakan deskripsi pada produk, sehingga pembeli mesti bertanya lagi untuk mendapatkan informasi yang jelas. Namun, tak semua pembeli rela membuang waktu hanya untuk menanyakan hal-hal yang terkesan sepele namun tetap penting dijelaskan, seperti dimensi produk, kelengkapan, dan sebagainya.

 

Karena itu, berikan deskripsi produk selengkap mungkin. Tambahkan juga informasi terkait yang kerap ditanyakan pembeli, seperti cara menggunakan produk.

 

4. Manfaatkan fitur promosi

Agar barang jualan laris, manfaatkan fitur promosi yang dimiliki e-commerce, misalnya membayar sekian rupiah untuk menampilkan produk di halaman paling atas, atau mengikuti flash sale yang kerap digelar secara berkala. Semakin rajin mengikuti promosi, tentu semakin besar peluang produk Anda dilirik dan jualan semakin laris!

Share this article